BLOGGER TEMPLATES AND Blogger Templates »

Minggu, 03 Januari 2010

KESAN INDAH LIBUR SEKOLAH

Di suatu pagi yang cerah,suhu udara yang masih dingin saat di tinggal gerimis.terlihat sekumpulan murid-murid SMAN 2 yang akan menerima Rapor hasil belajar satu semester.sejak malam tadi aku sudah gelisah,”bagaimana ya isi lapor ku,banyak cabe,atau banyak bawang putih,atau aku masih tetap masuk sepuluh besar yang waktu mid semester kemaren aku dapat peringkat 7.betapa senang hati ku saat itu.pagi itu suasana nya terasa lain,penuh cemas dan penuh ketegangan.saat itu aku bertemu as’ari,teman seperjuangan,yang sama-sama tinggal di simpang somel,tetapi ia kalau sekolah ngekos di rumah pak H KAPI. Salah satu warga bungo yang kondang namanya karna berprestasi dan berjuang keras demi mencapai cita-cita.”hai as,darimano tadi?dak do nampak dijalan…?”dari penilain ku terhadap raut wajah nya,terlihat dia gelisah tapi tetap tertawa dan tersenyum melawan kegelisahan dalam hati nya yang selalu menggrogoti,”kayak mano yo isi lapor awak”,mungkin itu isi pikiran nya menurut penilaianku.setelah ku sapa tadi,ia menjawab,”e…kawan tu lambek nian pegi,maleh awak lamo nian nunggu.aku pun sadar selama ini sudah tercatat di buku rekor muri xii.ia 2 aku lah murid yang paling sering terlambat dikelas ku.kami pun kembali ke topik pembicaraan kami tadi.”ngapo nak cepat nian,kan masih ado acara class metting”aku mencari alasan.”iolah…”setalah aku berkumpul bersama teman-teman,tiba lah saat yang mendebarkan itu,saat dimana hati kami gelisah,jantung kami di buat berdebar cepat,sama pada saat seorang cowok yang ingin mengungkapkan cinta kepada ceweknya,atau si cewek yang ingin menunggu ucapan manis cinta kasih dari cowok nya.kami pun mendengarkan pengumuman.ternyata pengumuman diawali dengan kegiatan class metting dulu setelah itu baru pengumuman peringkat 1,2,3 yang di panggil ke barisan yang paling depan,saat itu aku sudah semakin gundah,kulihat rasa nya aku gak lagi masuk 10 besar seperti mid smester kemarin,aku masih teringat bahwa cara belajar ku masih banyak main-main,pikiran aneh itu selalu terbayang oleh ku.setelah kulihat dan ku dengar pengumuman peringkat 1,2,3 ternyata di dominasi oleh kaum hawa alias perempuan semua.memang di SMAN 2 Muara Bungo,kami para kaum adam ini lebih banyak terampil di bidang Olahraga Seni,dan Band,dan kebanyakan standar saja untuk bidang Intelegensi.namun yang ku ingat cowok yang masih berjaya di sman 2 yang tetap di kategorikan masuk 3 besar mungkin tidak sampai 10 orang.dikala kegelisahan itu hati ku menjadi tenang,terlihat sebuah aura yang membuat semangatku tumbuh dan membara kembali untuk percayadiri menerima hasil laporku lagi.seseorang yang mempunyai paras ayu,manis,”kupu-kupu paling cantik sedunia”itu yang tergumam di hati ku. Seseorang yang kukagumi semangat dan perjuangan nya,dia penyemangat ku saat itu “hmm”.setelah itu kami semua masuk kekelas masing-masing untuk menerima lapor.seperti biasa,di awali dengan mukhodimah dimana saat itu hati kami sudah dilanda kecemasan semua,mungkin terkecauali teman ku yang sudah di umumkan masuk 3 besar,ERSA,AMI dan CYINTIA.namun pada saat itu aku tetap semangat,aku telah meminta doa restu orang tua,ditambah dengan semangat aura kupu-kupu cantik ku yang terus memberiku percaya diri yang kuat.selesai mukhodimah ibu ANI ROSMITA S.pd bersiap mengumumkan lapor kami.dan ternyata,dan tak terduga,aku masuk 10 besar,tepatnya peringkat 10…subhanalloh,alhamdulillah,itu yang terucap di hatiku.dimana kala itu persaingan peringkat di kelas kami sangat lah ketat.aku terharu dan bangga.karna cuman akulah kaum adam yang berdiri dikelas ku masuk kategori 10 besar.aku bangga,sekaligus malu juga sedikit,karna kami kaum adam di kelas xii.ia 2 ini banyak yang masih malas dan belum konsentrasi dalam belajar,kemudian menyesal di akhir saat menerima lapor.pelajaran berharga buat ku kali ini,jika malas ini lah balasannnya

Inilah kisah libur ku,hari libur yang suntuk dan menjenuhkan dirumah…itu lah pendapat kebanyakan orang-orang yang selalu hura-hura jika liburan.setelah momen penting tiap semester itu,kami pun diberi libur dari tanggal 24 DES sampai tanggal 4 JANUARI.dirumah ku kami berjumalah 11 orang,pas dengan jumlah pemain bola kaki.tinggal cari pemain cadangan saja.tapi tak ada acara kumpul keluarga bersama,kami lebih banyak mengurus kepentingan sendiri,dan aku sangat hapal kebiasaan ayahku,tak ada hari untuk tidak memanggilku,disuruh apa saja untuk membantu nya,sampai aku sedang asyik nonton film Naruto vavoritku pun tidak luput dari panggilan ayahku,disuruh menutup pintu,atau menggembok bengkel,pokok nya selagi ada maka,tetap akan dipanggilnya.setelah menerima lapor,saat itu,aku tak langsung memberi lapor kepada ibu dan ayahku tentang hasil laporku itu,karna kulihat mereka sedang sibuk dengan pekerjaan,aku tidak mau mengganggu kesibukan mereka,padahal,hati kecil ku terus berkata,”perlihatkanlah hasil lapor mu itu panjul,jangan kau ikut godaan setan alas yang selalu berpikir buruk terhadap aktifitas orangtuamu itu”!namun,untuk hari pertama aku terbujuk rayuan setan alas itu,aku hanya tersenyap diam,karna orang tua ku tidak tahu kalu hari itu aku sudah menerima lapor.apa daya aku pada saat itu kurang kuat imannya dsan masuk dalam bujukan seta yang busuk itu,pelajaran kedua”ikutilah suara hati kecil seperti peristiwa ku tadi,supaya kita tidak berprasangka buruk terhadap seseorang”dan hari itu pun ku jalani seperti biasa,ganti baju dan membantu ayahku memperbaiki motor.esok nya pun juga seperti itu,tapi siang nya aku pergi kebungo untuk ol sekalian melihat status face book.tapi itu tidak membuat kejenuhan ku hilang karna tidak melaporkan hasil lapor smester pertama ku pada ibu dan ayahku,rasa nya aku selalu merasa bersalah saja,hampir sama dengan dua sejoli yang menjalin cinta,penuh kasih dan sayang,dan tiba-tiba putus karna terlihat cowoknya sedang jalan sama cewek lain,dan langsung putus,padahal cewek yang di ajak nya itu sepupu nya sendiri,dan akhirnya ia menyesal dan merasa bersalah sudah memutuskan tindakan yang bodoh,seperti itulah perasaan ku saat itu.”e….” ternyata warnet penuh,aku semakin gundah dan waktu ku saat di bungo terbuang sia-sia dengan jalan tanpa arah tujuan.capek…..
Setelah itu aku baru menyesal,bahwa perbuatan ku itu salah,akhirnya aku berdoa,”ya allah mudahkan lah urusan hambamu ini,hamba ingin mengucapkan sesuatu kepada orang tua hamba,melaporkan hasil belajar hamba,agar orang tua hamba mengetahui bagaimana hasil belajar hamba selama 1 smester.dan tepat allah swt tidak menyia-nyiakan hamba-hamba nya yang ikhlas dan tulus meminta pertolongan,pada saat itu hari sabtu,aku sedang duduk termangu di depan komputer.saat itu ibuku sedang duduk di sebelahku,dibagian ruang tamu.bersama adik perempuanku!kurasakan ternyata allah swt udah menyusun situasi nya dengan sangat rapi dan ternyata adik perempuan ku mengambil topik pembicaraan mengenai penerimaan lapor nya,terlintas di pikiran ibu ku,lalu bertanya kepada ku”jul,kayak mano lapor ang?”.aku pun merasa sangat gembira dan senang,karna di sela kesibukan ternyata orang tua ku tetap menaruh harapan kepada anak-anak nya,dan peduli akan hasil prestasi anaknya.aku telah sadar,ternyata pada saat aku stres di bayangi prasangka buruk,ternyata aku telah menemukan penyakit gila versiku sendiri,yang ku kategorikan sampai 20.dan jika ku nilai ternyata kemaren itu aku termasuk dalam kategori nomor 10,jika no 1 itu sama dengan orang yang benar-benar udah putus tali senarnya…atau sama dengan bapak-bapak yang ada dijalan sekolah ku yang selalu duduk melihat-lihat di jalan,dan kadang-kadang di ganggu temanku…”hoi….hoi”itulah kata-kata teman ku untuk mengejutkan kakek itu,kadang-kadang aku juga.tapi hati kecilku merasa kasian juga,dan iba melihat kondisi bapak itu,namun apa daya aku sering terpengaruh temanku.dan banyak di rs jiwa lain itulah kategori no 1 nya!kembali ke momen yang tadi,aku gembira dan senang sekali,dan obrolan ku dengan ibuku semakin berlanjut,tanpa basa basi aku mempersiapkan kata-kata yang sudah lama dipendam hati kecilku saat awal menerima lapor waktu itu.ibuku bertanya”dapat peringkat ang jul”akupun menjawab dengan lembut,”peringkat 10”,setelah itu meledak lah egoku,ternyata aku tak sadar perasaan itu tidak bisa ku tahan lagi,dan aku menceritakan semua nya,aku membanggakan diriku sendiri yang bangga masuk 10 besar,tepatnya peringkat 10 cowok satu-satunya,aku berharap orang tua ku tambah senang,tapi apa yang terjadi.ternyata malah habis di situ saja momen cerita-cerita kami,karna ibuku hanya tersenyum dan diam saja,aku pun sadar,ternyata aku sudah terlalu berlebihan cerita.pelajaran ke 4 buat ku pada hari libur ini”sesuatu yang ingin di ucapkan terhadap orang yang kita sayang dan kita cintai ucapkan lah apa adanya,jangan berlebihan dan bertele-tele.setelah momen itu aku merasakan perasaan yang sangat berbeda.pikiran buruk itu sudah hilang di benakku.walaupun aku kemaren berpikir buruk terhadap orang tua ku,tapi melihat senyum orang tua ku itu,rasa nya hati ku yang gelisah karna berprasangka buruk tadi telah terobati.aku mendapat kesan yang mengharukan dari ibuku,mungkin ini baru pertama kalinya dalam hidupku.ke esokan harinya,pikiran itupun hilang di benak kepalaku.terasa lega rasanya hatiku dan aku merasa bahagia,kembali untuk menyambut hari-hari libur ini dengan senyum dan bahagia.aku teringat bahwa bulan ini ibuku ulang tahun.tepat pada tanggal 31 desember,dimana esok nya tahun baru,mungkin aku ingin meninggalkan kesan yang baik di tahun 2009.aku mengetahui hari ulang tahun ibuku dari kartu keluarga,dimana saat itu aku ingin membuat ktp dank kk(kartu keluarga)itu merupakan salah satu syaratnya,dan fotokopi nya kusimpan dikamarku.pada saat itu aku bertekad memberi kado spesial buat ibuku di hari libur ini.buku ESQ BERDASARKAN 6 RUKUN IMAN DAN 5 RUKUN ISLAM Karya Ary Ginanjar Agustian.semua ini sudah ku rencanakan jauh hari.kemarin aku sudah bertekad bahwa sebelum aku khatam membaca buku ini hadiah special untuk ibuku akan terlupakan untuk tahun 2009,seperti tahun sebelumnya yang tak pernak kami peringati,namun allah swt mendengar isi hatiku,dan akupun khatam membaca buku itu saat akan menerima rapor.aku sudah tahu isi buku itu,dan itu merupakan hadiah paling spesial yang bisa menambah inspirasi ibuku dan merupakan hal yang paling aneh dilakukan anak seusiaku yang sudah berumur 17 tahun ini.namun,aku tetap maju,ku lawan semua belenggu pikiran yang mengasut di benakku,dan tibalah pada hari H nya,kemarin aku dan adik perempuan ku yang pertama telah merencanakan semua ini untuk memberi kejukan kepada ibuku.adik ku akan memberikan baju untuk ibuku.pada malam sebelum hari H aku tidur dirumah pak wo,kelurga ku yang tinggal di depan rumah ku,tepatnya berjejer tiga rumah baru sampai kerumah pak wok itu,malam nya disana aku membungkus kado spesial ku dengan rapi,memakai kertas kado berwarna ping bercampur putih,”hu…warna kado yang menyejukkan hati”itulah pikirku saat itu,besok aku akan memberi kejutan kepada ibuku.ke esokan harinya,pagi itu kulihat ibuku sedang duduk diteras luar depan rumah ku,dikursi panjang,merenung sambil menghirup udara segar.aku berpikir di dalam hati”kasihan orang tua ku”rasa nya begitu sedih hatiku saat melihat raut wajah ibuku saat itu tak terasa dan teringat bahwa hari ini adalah ulang tahunnya.namun aku sudah bertekad akan mengucapkan HAPPY BIRTH DAY buat orang tua ku.dan itu sudah menjadi tekad ku pada saat itu,walaupun seumur hidup aku tidak pernah mengucapkan nya.mungkin aku merasa bersalah lagi kalau tidak mengucapkan itu nanti dengan ibuku.tapi suasana pagi itu biasa saja,tidak ada yang istimewa,adikku yang perempuan yang ku ajak untuk memberi kejutan buat ibuku itu pun hanya diam-diam saja.aku jadi semakin bingung,”sebenarnya apa yang terjadi ya…?”gumamku.akhirnya semangat ku pun lama-lama menjadi kendor,dan pikiran ku kembali di rasuki setan alas lagi untuk tidak memberi kado buku ESQ BERDASARKAN 6 RUKUN IMAN DAN 5 RUKUN ISLAM Karya Ary Ginanjar Agustian itu.dan hari itu pun menjadi hari yang sama seperti rutinitas ku selama libur semester,membantu ayahku.namun aku masih dihantui rasa bersalah.hati kecilku selalu mengatakan,”berikanlah kado spesial itu,jangan tunda lagi!”perintah hatiku,namun seperti biasa,setan alas itu tidak tinggal diam,”ala tidak perlu tu kado-kado apa itu,tidak bakalan berguna,percuma di kasih tidak akan terbaca juga”menurutku mereka sedang berperang hebat disana.peristiwa hati ku itu bisa ku gambarkan seperti perang badar yang di alami rasulullah saw pada saat menghadapi tentara kaum kafir,dengan jumlah tentara muslimin yang hanya 313 itu melawan ribuan tentara kaum kafir yang bersenjata lengkap.namun semangat kaum muslimin tetap berkobar,itulah gambaran suara hatiku.disisi lain setan alas yang menggodaku itu ku samakan dengan kaum kafir yang menentang rasulullah saw.benar-benar tidak ku duga,ternyata kebaikan itu selalu menang melawan kejahatan,hati kecilku menang,aku kembali mengikuti suara hati kecilku itu,dan setan alas pun kalah,sama dengan perang badar yang di alami rasulullah saw,dimana kaum muslimin menang mutlak terhadap kaum kafir.akupun semakin semangat lagi untuk memberikan kado itu untuk orangtua ku”walapun guntur menyambar,bumi terbelah,laut menyambarku,kado ini akan kuberikan kepada ibunda ku tercinta,itulah tekad ku.dan akan ku ucapkan SELAMAT ULANG TAHUN IBU,INI HADIAH DARI ANAKMU.”dan tibalah momen penting itu,saat itu aku sedang mengotak atik Komputer,tepat waktu itu sekitar jam 9 malam,aku sedang Ol(Online)dan aku akan tidur dirumah pak wo setelah itu.selesai Ol,aku bersiap ingin memberi kado itu kepada ibundaku yang ku letakkan di dalam lemari di dekat komputerku agar mudah di ambil dan tempatnya tersembunyi tidak ada keluargaku yang tahu selain aku sendiri.malam itu sekitar pukul 10 malam,aku menunggu waktu yang pas untuk memberikan kado untuk ibunda tercintaku itu.perlahan aku menghampiri ibuku dan dengan ucapan bismillahhirrohmanirrohimm ku kejutkan ibuku dengan ucapan “SELAMAT ULANG TAHUN IBU,INI ADA HADIAH DARI JULI”setelah itu ku dekapkan tangan ibuku dan kuciumi tangan nya dengan penuh kasih sayang,,,hmmmm tak terkirakan hati ku sangat bahagia saat itu,ibuku pun membalas perkataan ku”terima kasih ya”kulihat raut wajah ibuku yang merasa sangat terharu sambil sesenggukan menahan momen bahagia kami itu.aku pun merasa sangat beruntung dan sangat puas bisa mengikuti suara hatiku.namun momen itu hanya berlangsung 5 menit,akupun meninggalkan ibuku untuk tidur di rumah pakwo,namun menurutku terasa sangat lama,begitu mengharukan dan penuh takjub,aku masih tak bisa membayangkannya setelah itu,karna begitu bahagianya hatiku saat itu,bahagia,senang dan gembira…..tak terbayangkan deh….!!!terasa air mataku saat itu ingin kulinangkan di depan ibunda tercintaku,namun aku tetap jentel di depan ibuku.aku kembali berkata”di baca ya ma!”itulah kata-kata ku,dan ibuku membalas dengan senyum lembut penuh kasih sayang.tak akan pernah kulupakan momen penting itu tanggal 31 desember pukul 10 malam…benar-benar mengubah pikiran ku,terasa aku semakin semangat menjalani setiap kehidupan ini,semangat yang dipancarkan orangtuaku dan berusaha untuk mempertahankan suara hatiku dengan tekad yang kuat.pelajaran no 5 :“ingat seorang yang pemberani bukan hanya berani mengorbankan nyawa saat peperangan saja,atau melawan preman 10 orang dan dia sendiri,tapi berkorban untuk menegakkan kebenaran,melawan hawa nafsu,dan berkorban untuk orang yang ia cintai serta selalu kuat untuk mengikuti suara hati yang maha jujur.”

0 komentar: